Senin, 03 Januari 2011

Latihan Relaksasi

Selanjutnya kita akan memasuki latihan relaksasi yang lebih serius, dimana latihan ini adalah bagian dari SelfHypnosis yang akan kita lakukan, tepatnya bagian awal dari Self-Hypnosis.

Secara utuh Self-Hypnosis akan terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :

1. Relaksasi
2. Pemrograman diri
3. Pengakhiran

Relaksasi

Silakan duduk bersandar ditempat yang nyaman, misalkan disofa, lakukan secara pribadi dengan kondisi lingkungan yang tenang, matikan handpone anda ! Niatkan untuk menghentikan seluruh aktivitas dalam beberapa menit.
Letakkan tangan secara bebas diatas paha, dan biarkan kaki anda lepas bebas pula.

1. Awal,
Pejamkan mata, awasi nafas, berikan perhatian saat menarik dan menghembuskan nafas. Ucapkan dalam hati :
“Saya berniat untuk memasuki relaksasi…. Melepaskan segalanya…. Mengistirahatkan tubuh dan fikiran saya……”
“Setiap tarikan dan hembusan nafas saya membuat saya memasuki relaksasi yang lebih dalam….lebih lepas….”

2. Relaksasi Mata
“Mata….. aku perintahkan kamu menjadi sangat santai…. Sangat rileks….. dan sangat malas……! Sedemikian malasnya…. Sehingga kamu tidak mau membuka walaupun kamu berkeinginan untuk membuka…. .Bahkan untuk bergerakpun kamu sedemikian malasnya……..“ [Baca Script ini berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa mata anda sudah sangat sangat santai]…….
[Lalu coba anda buka mata,bila mana sudah terasa berat atau tidak mau terbuka, maka lanjutkan dengan Script berikut ini]

3. Relaksasi Leher
“Leher kamu aku perintahkan menjadi sangat santai,malas,dan lemas…. Sehingga aku sama sekali tidak dapat mengerakkanmu……. .Leher kamu sangat malas dan lemas, bahkan kau sama sekali tidak berkeinginan untuk bergerak sedikitpun juga walaupun aku berusaha menggerakkanmu” [Baca Script
Ini berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa leher anda sudah sangat sangat santai]…….
[Lalu coba anda gerakkan leher anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali ,maka lanjutkan dengan Script berikut ini]

4. Relaksasi Tangan
“Wahai kedua belah tangan dan jari-jemari….. Kamu saya perintahkan untuk memasuki relaksasi total, sehingga saat ini juga kau menjadi sangat malas, lemas, dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak, walaupun aku mencoba untuk menggerakkanmu…….”[Baca Script ini berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa jari-jari tangan anda sudah sangat sangat santai dan malas untuk bergerak]…….
[Lalu coba anda gerakkan tangan dan jari-jari anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali ,maka lanjutkan dengan Script Relaksasi berikutnya]

5. Relaksasi Pikiran
“Wahai kedua belah kaki dan telapak kaki….. kamu saya perintahkan untuk memasuki relaksasi total, sehingga saat ini juga kau menjadi sangat malas, lemas, dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak, walaupun aku mencoba untuk menggerakkanmu…….”[Baca Script ini berulang-ulang,sampai anda merasakan bahwa kaki anda sudah sangat sangat santai dan malas untuk bergerak]…….
[Lalu coba anda gerakkan kaki anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali ,maka lanjutkan dengan Script Relaksasi berikutnya]

6. Pendalaman
“Saya akan menghitung mundur dari 25 ke 1 bersama hembusan nafas saya…… dan setiap kali saya menghitung….. saya akan merasakan kenyamanan dan ketenangan yang lebih dalam dari sebelumnya…….”[Lakukan hitungan mundur].

7. Pemrograman Diri
Nanti dibagian inilah kita lakukan pemrograman diri.Tetapi karena saat ini kita belum membahas mengenai pemrogramancdiri, maka kita gantikan dengan diam selama lebih kurang 10 menit, sambil menikmati relaksasi ini.

8. Pengakhiran
“Saya akan menghitung dari 1 sampai dengan 5, dan pada hitungan ke-5 saya akan bangun membuka mata dalam kondisi yang sangat segar,sehat,dan positif “[Mulai lakukan penghitungan secara perlahan-lahan].

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar