Senin, 03 Januari 2011

Pemrograman Diri

Pemrograman diri merupakan inti dari Self Hypnosis yang dilakukan setelah kita berada dalam kondisi rileks sempurna. Kondisi rileks sempurna adalah kondisi dimana gerbang pikiran bawah sadar mulai “terbuka” dan siap menerima program. Apa yang dapat kita programkan?
Apa saja, meliputi seluruh kondisi emosional yang kita inginkan. Mulai dari ingin sehat, ingin bahagia, ingin memiliki motivasi diri yang tinggi, ingin menambah rasa percaya diri,dll
.
Penyusunan program :

Tetapkan satu macam saja tema utama!

Contoh : ingin meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara didepan umum.

Susun script yang baik sehubungan dengan tema utama ini,dengan mematuhi kaidah dasar, yaitu:

1. Gunakan kalimat positif. Sebutkan apa yang anda inginkan, bukan apa yang anda hindari.
2. Gunakan kalimat Present Tense. Anggap saja anda sudah berada dalam kondisi dimaksud.
3. Lakukan pengulangan-pengulangan dikalimat-kalimat pokok yang berkaitan dengan tema utama.
4. Pergunakan kalimat-kalimat yang dapat menggugah emosi positif,mengingat bahwa pikiran bawah sadar sangat peka dengan emosional.

Saat membacakan program tersebut, tambahkan imajinasi, buatlah imajinasi ini sedemikian detail, seakan-akan anda sudah berada dalam kondisi dimaksud, sampai dengan anda dapat merasakan emosi positif (bahagia,bangga,dsb.).

Contoh Script :
“Saya adalah pribadi yang sangat istimewa…. Saya memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi….. saya selalu tampil dengan sempurna didepan umum….saya memiliki kemampuan untuk presentasi dan berbicara didepan umum dengan sangat sempurna….. saya sangat bangga dan sangat bahagia karena memiliki kemampuan yang sangat luar biasa ini…. .saya adalah pribadi yang sempurna… saya adalah pribadi yang penuh percaya diri…. Saya sangat menyukai tampil didepan umum…. Berbicara didepan publik…. .saya adalah pembicara yang hebat….. presenter yang terampil……saya penuh rasa percaya diri…..saya pribadi istimewa…..”
Dibawakan sambil berimajinasi bahwa kita tengah melakukan presentasi atau berbicara didepan public dengan penuh rasa percaya diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar